My Blog List

Tuesday, January 11, 2011

KEHIDUPAN : JALAN YANG BERCABANG

Hidup adalah sebuah pilihan. Setiap orang di dalam kehidupannya harus memilih dan memutuskan akan seperti apa kehidupannya nanti. Karena tidak memilih pun itu merupakan sebuah keputusan. Di dalam perjalanan hidup akan muncul berbagai pilihan dan juga berbagai kemungkinan, oleh karena itu ada yang menyebutkan bahwa hidup itu tidak bisa diprediksikan secara tepat. Seperti teori 50% kemungkinan munculnya muka koin yang dilemparkan. Apa itu berarti kita tahu apa yang akan terjadi di masa depan? Secara statistik teori di atas benar. Tetapi kita tidak bisa menentukan masa depan.

Bayangkanlah saat ini Anda sedang berada di dalam sebuah perjalanan di hutan. Saat Anda sedang menikmati perjalanan Anda di hutan tersebut, dihadapan Anda terlihat dua cabang jalan. Jalan ke kanan nampaknya jalan yang sudah sering dilalui banyak orang karena terlihat dari rumput-rumput yang sudah banyak yang terinjak dan terpotong oleh orang-orang yang melaluinya. Sedangkan jalan ke kiri rumput-rumputnya tinggi-tinggi sehingga jalan setapaknya pun hampir tertutup semua karena jarang ada orang yang melewati jalan tersebut. Disinilah Anda dituntut untuk memilih dan memutuskan jalan mana yang akan Anda lalui, setiap jalan yang akan Anda lewati ini akan dihadapkan pada berbagai kondisi dan situasi. Rintangan dan tantangannya pun berbeda, dan tentunya pemandangan, situasi dan kondisi perjalanannya pun akan berbeda. Berbagai kemungkinan akan muncul, mungkin di salah satu jalan itu Anda akan dihadapkan pada hewan-hewan liar dan buas yang akan mengancam kehidupan Anda, mungkin juga Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indah dan jarang ada orang yang bisa melihatnya, mungkin juga Anda akan menemukan harta karun disana dan berbagai kemungkinan lainnya. Begitu pula dengan kehidupan yang banyak dengan pilihan-pilihan yang harus dengan segera Anda putuskan yang manakah yang akan Anda pilih. Apakah Anda akan memilih jalan yang sama dan sudah dilalui banyak orang? Ataukah Anda akan memilih jalan yang jarang dilalui orang dan penuh misteri beserta konsekuensi yang akan Anda hadapi? Manakah yang akan Anda putuskan dan fokuskan?
Setiap orang memilih satu dari dua cabang jalan dalam hidupnya – tua atau muda, kaya atau miskin, pria atau wanita sama saja. Sebagaimana dijelaskan dalam buku the 8th habit, yang ditulis oleh Stephen R Covey, salah satu cabang adalah jalan yang lapang dan banyak dilalui banyak orang, yaitu ke arah mediokritas, suatu keadaan serba tanggung, setengah-setengah, atau malah memble. Jalan satunya lagi menuju ke arah keagungan, kebesaran, atau kehebatan dan pemenuhan makna. Wilayah cakupan dari kemungkinan yang ada dalam setiap tujuan di ujung masing-masing jalan itu sama luasnya dengan perbedaan anugerah atau bakat alamiah dan kepribadian dalam keluarga manusia, tetapi perbedaan antara kedua tujuan tersebut seperti malam dan siang.
Jalan mediokritas mengekang potensi manusiawi. Jalan ke arah keagungan membebaskan dan mewujudkan potensi manusiawi. Jalan ke mediokritas adalah pendekatan kehidupan yang menggunakan prinsip-prinsip jalan pintas, serba cepat; sedangkan ke keagungan adalah suatu proses pertumbuhan bertahap dari dalam ke luar. Para penjelajah yang mengarah ke mediokritas akan hidup dengan menuruti keakuannya yang dibentuk oleh tradisi budaya, menuruti kecenderungan atau selera rendahnya, hidup dengan mentalitas kelangkaan, membanding-bandingkan, hidup dengan semangat persaingan dan merasa diri sebagai korban (victimism). Sementara itu, para penjelajah yang mengarah ke keagungan, bangkit tegak di atas berbagai pengaruh budaya yang negatif, dan memilih untuk menjadi kekuatan kreatif bagi kehidupan. Satu kata bisa menyatakan jalan ke keagungan itu, yaitu SUARA (PANGGILAN JIWA). Mereka yang berada di jalan ini menemukan suara mereka, dan mengilhami orang lain untuk menemukan suara mereka. Orang lain tidak pernah melakukannya.

                                                      TEMUKAN SUARA ANDA

Di hutan, terhampar di hadapanku dua cabang jalan.
Aku mengambil jalan yang jarang dilalui orang.
Dan itulah yang membuat segala perbedaan.
      ROBERT FROST

       J.A.Y President

No comments:

Post a Comment