My Blog List

Monday, November 8, 2010

CICINTAAN, LOPE-LOPEAN…ABOUT LOVE~

       YAHOO~ Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai cinta yang merupakan bagian terpenting dalam kehidupan Manusia. Hmm.. walopun saya kurang berpengalaman mengenai percintaan antar pasangan kekasih, walopun saya sudah 21th lebih menjomblo tidak salahnyakan mencoba mensharingkan tentang cinta (bukannya ga laku yah, cuman setia ke satu cewe tapi bertepuk sebelah tangan doang kok!? Maklumlah aku emang agak-agak mirip sama anjing yang setia pada tuannya!?). Ada berbagai macam jenis cinta yang saya ketahui, seperti cinta pada keluarga, cinta terhadap teman-teman (philia), cinta yang romantis (asmara), cinta yang hanya merupakan hawa nafsu (cinta eros), cinta antar sesama umat manusia (kasih sayang/agape), cinta dirinya sendiri (narsisme), cinta akan bangsanya (nasionalisme), cinta dunia, cinta pada nabi dan rosul, juga cinta kepada Tuhan.

Apa sich cinta itu? Hmm.. menurut wiki yang saya baca Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut. Sedangkan hal-hal yang justru akan membunuh cinta itu sendiri yaitu penyogokan, penipuan, kebohongan, ketidakikhlasan, kekerasan, dan perselingkuhan.

Yohohoho...ternyata saya mempunyai cukup pengetahuan juga tentang cinta rupanya.Hmm... Tahun ini merupakan Tahun keberuntunganku dalam berhubungan dengan perempuan (jadi selama ini kemana aja kamu hah?!), walopun agak telat (atau bahkan sangat telat) tapi daripada ngga sama sekali, baru pertamakalinya saya bener-bener bisa ngobrol ama cewe berdua, nonton bareng dan maen bareng ama cewe loh!? (sebuah perkembangan yang baik bagiku!?Jyahaha~). Empat tahun yang lalu saya pernah menyukai seorang cewe, tapi karena sifatku yang pendiam, kaku, dan juga pasif inilah yang membatasi kedekatanku ke orang yang saya sukai. Jadi, yang bisa saya lakukan hanyalah melihatnya dari kejauhan, membanyanginya dan terkadang Cuma” say hai” doang..!? (Payah banget sich gw!?). Dan bukan berarti ga ada cewe yang deket ama saya loh, jangan salah gini-gini juga saya pernah di tembak lima orang ceweloh (Nyehehe..ternyata itu bisa jadi suatu kebanggaan juga!?), tapi bukannya saya ga suka ama mereka, tapi sekali udah suka/jatuh cinta ama seorang cewe sekalipun dia ngga suka atau udah ada yang punya, saya tetep keukeuh menantikannya sampai kapan pun (makannyuah gw nge-jomblo sampai saat ini!?). Ternyata ada sisi baik juga ada sisi buruknya dengan bersikap seperti itu (tapi klo cewenya udah nikah mah, gw bakal mundur dan mencari yang lain! Karena cinta itu tidak harus saling memiliki!? Hiks..~.~). Cinta adalah tentang memberi, bukan mencari. Cinta adalah tentang berbagi, bukan menguasai. Dan, jika itu belum bisa kita lakukan, benahi diri. Jika tidak, kita akan menyakiti atas nama cinta (cie-cie-cie~). ^.^ 
Setiap orang tentunya pernah merasakan dan mengalami cinta. Kehangatan cinta dari keluarga, teman atau kekasihmu tentunya bakal ngebuat kamu ngejalanin hidup ini dengan penuh gairah. Dalam cinta selalu ada perhatian, tanggung jawab, penghargaan dan pemahaman terhadap orang lain. Dari situlah akan muncul kreativitas cinta. Dengan mencari sisi baik dalam diri orang lain, kamu akan menemukan sisi terbaik dari dirimu.

Hoyoo~ jadi ingat pertama kalinya saya nembak cewe sekitar 4 bulan yang lalu yang sekaligus pertama kalinya juga saya di tolak cewe!? (Jyehehe~). Entah karena saya kurang menarik atau cara nembak saya yang kurang gentle ketika mengungkapkan perasaan atau bahkan karena emang dia tidak tertarik makannya saya di tolak.. (ternyata lumayan sakit juga di tolak itu, jadi kasihan ama cewe-cewe yang aku tolak!? Halaah~ karmanya ieu teh!?). Dan yang masih teringat dalam benakku adalah saat dia bertanya,”Atas dasar apa kamu menyukaiku/menginginkanku?” (kurang/lebih seperti itulah pertanyaannya!), sebenarnya saya bingung ngejawabnya, yaa udah spontan saja saya bilang, “karna cinta!?” (Wakakakak~). Habis ga ada alasan ketika saya menyukai seseorang, wong saya juga bingung kenapa saya bisa suka ama cewe itu, padahal awal-awal ketemu mah biasa-biasa sajo ga ada perasaan apa pun!? Yang  saya inginkan hanya ingin berada dan semakin dekat dengannya, melindunginya, menjaganya, menyayanginya, membantunya dan menolongnya di kala dia sedang susah, menghiburnya di kala dia sedang sedih, memotivasinya ketika ia membutuhkan dukungan, hmm... juga ingin menjadi orang yang pertama tau ketika dia sedang susah, sedih ataupun senang juga bahagia, menjadi pilihan pertamanya ketika ia membutuhkan bantuan seseorang, menjadi yang paling dia andalkan dan menjadi seseorang yang selalu ada dalam mimpinya dan bayangannya. Kurang lebih begitulah.. 
Jadi ga ada alasan khusus seperti karena dia cantik, lucu dan menarik, karena banyak teman-teman ceweku yang lebih menarik dari dia dan kecantikan fisik itu sifatnya sementara karena seiring berjalannya waktu hal tersebut bisa berubah (Iya ngga sich!?). Tapi walaupun di tolak bukan berarti kami membuat jarak ataupun memutuskan hubungan pertemanan loh, sampai saat ini saya bersahabat dengan dia, juga dekat dengan dia, masih sering berkomunikasi bahkan ampe curhat-curhatan. Jadi, masih ada kesempatan buat lebih mengenalnya dan melindunginya. Lagian belum tentu juga klo gw diterima bisa membahagiakan dia dengan baik, mungkin ada orang yang dia sukai yang bisa membahagiakannya dan selalu membuatnya tersenyum dibandingkan saya, asalkan dia bahagia aku pun bahagia kok, karna cinta tidak harus slalu saling memiliki a.k.a menghibur diri sendiri. (malah curhat!?)

  
Kembali ke cinta. Cinta merubah pribadi seseorang dalam sekejap mata.Cinta membuat muka masam jadi berseri,kantong tipis jadi terasa tebal dan penakut menjadi pemberani.  Cinta yang menyebabkan seseorang tak merasakan sakit,derita menjadi jalan keluar bahkan yang membuat seseorang menjadi kuat ditengah himpitan hidup yang mendera. Burung tidak bercinta,Harimau tidak pernah bermesraan, kambing tidak romantis.Binatang hanya memiliki naluri mempertahankan mata rantai kehidupan (hub intim)
Sementara cinta bukan sex,bukan pula hubungan intim.Tapi tidak sedikit manusia yang seperti binatang,menganggap bahwa cinta itu adalah sex. Cinta bukan milik orang gila,melainkan yang sehat akalnya. Begitu juga yang gila harta, kedudukan dan gila sex tidak akan pernah merasakan cinta. Hidup tanpa cinta akan sia-sia.Tanpa cinta berarti kematian & kematian tanpa cinta adalah kerugian besar. Cinta tidak mengenal cepat atau lambat,tidak mengenal jauh atau dekat,cinta membuat gunung selembut salju & membuat jantung berdebar cepat. Yaaah~ kurang lebih begitulah hakikat cinta menurut buku yang saya baca ataupun dari pengalaman dan kisah cinta yang saya lihat dan saya amati.
            Cinta adalah memberi dan menerima tanpa syarat. Cinta bersifat terbuka kepada yang lain, memberi tanpa menuntut balasan, berbuat tanpa menuntut imbalan. Cinta tanpa syarat melampaui kepentingan diri sendiri.


Pasangan hidup, tidak seperti yang kita bayangkan selama ini,
Bukan bidadari cantik yang tersenyum manis yang tiba-tiba duduk di tepi jendela
Saat kita bangun tidur. Bukan.
Pasangan impian yang kita idamkan itu adalah hasil akhir dari usaha yang kita lakukan.
Artinya, jika kita memang menginginkan perempuan terbaik, maka kita pun harus menyiapkan diri jadi pasangan yang terbaik pula. Tidak semudah membalik telapak tangan memang, tapi percayalah, tak ada usaha yang gagal sebenarnya.
Semua hanya masalah waktu dan kesabaran.

Haaa~ harus sampai kapan juga aku harus bersabar menunggu, dan sampai kapan  juga aku harus terus berusaha.. Lelah rasanya, hampa rasanya, tapi yasudahlah~ biarkan mengalir sajo... Yosh, semoga bermanfaat yow... Ja ne!? >.<

J.A.Y. HIKARI
Tak ada pengalaman yang lebih indah selain menjadi yang dibutuhkan~

Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment