My Blog List

Wednesday, October 20, 2010

UBAHLAH PERILAKU/KEBIASAAN SECARA BERTAHAP


Kepribadian bersifat dinamis yaitu kepribadian dapat berubah-ubah yang dikarenakan adanya berbagai pengaruh baik itu dari kondisi lingkungan, budaya, life style dan lain sebagainya. Namun, tak jarang orang yang ingin merubah dirinya menjadi lebih baik, semakin produktif, berkualitas, menjadi pribadi yang disenangi dan lain sebagainya yang diidealkan pribadi tersebut, namun ada pula yang masih betah di dalam zona nyamannya sehingga menampik semua perubahan dan tidak ada keyakinan untuk berubah, menjalani hidup dengan pesimistis dan tetap terombang-ambing oleh dilema kehidupan yang saat ini tidak bisa diprediksikan.
 Setiap orang mempunyai sebuah kebiasaan, kebiasaan ini merupakan sesuatu hal yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga hal tersebut telah menjadi gaya hidup kita. Namun, jika kita sudah terjebak dalam kebiasaan-kebiasaan tersebut dan masuk ke dalam zona nyaman, disinilah kita mulai akan merasa sulit ketika ingin melepaskan kebiasaan-kebiasaan buruk yang memang sudah mengakar sekian lama sehingga kebiasaan buruk itu mendarah daging dalam perilaku kita. Dibutuhkan kemauan yang kuat, kesungguhan yang besar dan latihan yang intensif untuk lepas dari zona nyaman tersebut. Hal ini merupakan persoalan yang jarang disanggupi/ dilakukan oleh kebanyakan orang. Oleh sebab itu, cara paling baik yang dapat diikuti untuk menanggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sudah mengakar adalah berupaya untuk melepaskannya secara bertahap.
 Ada beberapa metode untuk memperbaiki suatu kebiasaan atau perasaan-perasaan yang menjadi suatu kelemahan kita, misalkannya saja perasaan takut yang menjadi populer sebagai kelemahan manusia, namun ada sebuah metode untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan perasaan takut tersebut, yaitu secara bertahap mengganti atau merubah perasaan takut itu dengan perasaan yang berlawanan, misalnya perasaan senang atau suka, hingga sampai penghilangan rasa takut itu secara tuntas. Beberapa eksperimen yang dilakukan sejumlah psikolog modern membuktikan bahwa metode ini dapat melepaskan anak dari fobia kepada suatu hewan, yaitu dengan mengajari si anak menyukai hewan tersebut sebagai ganti perasaan takut kepada hewan itu. Dengan metode tersebut juga dimungkinkan melepaskan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dengan menggantikannya dengan kebiasaan-kebiasaan yang berlawanan. Cara ini telah diikuti oleh para psikolog modern dalam terapi psikologis.
 Tentunya dalam melakukan segala sesuatu hal apa pun itu tidak ada yang instan. Bahkan mie instan saja membutuhkan beberapa tahap untuk membuatnya, di mulai dari membuka bungkusnya, memanaskan air lalu memasukkan mie nya tunggu beberapa menit, masukkan bumbu hingga sampai mie tersebut sudah siap untuk dinikmati. Begitu pula ketika kita ingin melakukan suatu perubahan, kita harus menjalaninya setahap demi setahap dengan penuh keyakinan, kesabaran, ketulusan dan ketekunan untuk menjalani proses-proses perubahan tersebut.

J.A.Y. HIKARI
Playing with Heart and Let’s Go For Action

No comments:

Post a Comment